Membaca data GPS dengan Delphi

GPS merupakan salah satu perangkat navigasi darat yang sedang naik daun. Sebuah perangkat yang peralatan navigasi sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi letak posisi keberadaan seseorang atau objek di bumi dengan bantuan satelit. Kemampuan ini melebihi dari kemampuan alat navigasi konvensional lainnya seperti kompas. Navigasi dengan kemampuan ini dikenal dengan nama GPS (Global Positioning System) pada dasarnya GPS adalah suatu sistem untuk navigasi dengan menggunakan bantuan satelit. Dengan menggunakan penerima GPS posisi seseorang atau benda yang berada dibumi akan dapat diketahui. Fungsi dari penerima GPS adalah untuk menentukan lokasi empat atau lebih dari satelit-satelit GPS, mengukur jarak masing-masing satelit dan menggunakan informasi ini untuk menentukan posisi penerima GPS tersebut dibumi. Karena orbit dari satelit-satelit tersebut telah diatur sedemikian rupa maka pada setiap saat dan dimanapun posisi penerima berada dibumi, akan dapat mendeteksi keberadaan paling sedikit empat satelit diangkasa.

Prinsi kerja dari penerima GPS adalah dengan menggunakan sistem bulatan 3Dimensional seperti bola dan menggunakan prinsip penghitungan matematika trilaterasi untuk mengetahui posisi. Dengan membuat 3 buah bulatan 3Dmensional yang saling berpotongan , dengan masing-masing titik pusat bulatan itu adalah satelit GPS dan jari-jari masing-masing bulatan tersebut adalah jarak antara satelit GPS dengan penerima GPS, maka dari titik perpotongan 3 bulatan tadi dapat diketahui posisi penerima GPS berada dimuka bumi. Data dari satelit GPS dikirimkan ke penerima GPS menggunakan frekuensi radio yang berdaya rendah.

Tampilan data format NMEA GPS


Umtuk mengambil data secara serial dapat menggunakan code source seperti berikut, program ini menggunakan komponen serial TComPort.

procedure TFrGPS.ComPort1RxChar(Sender: TObject; Count: Integer);

var

Str: String;

begin

ComPort1.ReadStr(Str, Count);

Memo1.Text := Memo1.Text + Str;

frInfoGPS.Memo1.Text := Memo1.Text + Str;

end;

EOF

Comments